Bagaimana Cara Kerja Kompresor Sekrup?

Pertama-tama, mari kita lihat elemen kompresor ulir putar. Elemen ini terdiri dari dua rotor yang bentuknya seperti heliks, masing-masing dengan bentuk dan jumlah ‘alur’ / ‘gigi’ yang berbeda (biasanya satu dengan 4 dan satu dengan 6 gigi). Sederhananya, udara atmosfer dihisap ke dalam elemen sekrup ini dan saat udara bergerak di sepanjang rotor, ia akan dikompresi.

Elemen sekrup (blok) terdiri dari dua rotor yang mirip dengan heliks dengan tanjakan besar dengan jumlah gigi yang berbeda.Perbandingan gigi yang paling umum biasanya 4:6. Saat udara bergerak di sepanjang rotor, udara dikompresi sebagai ruang volume antara gigi rotor berkurang dalam arah dari hisap ke outlet.

Cek Juga: Servis Kompresor

Jenis kompresor ulir yang paling banyak digunakan adalah kompresor berpelumas dengan injeksi oli. Untuk proses sensitif mengenai kualitas udara terkompresi digunakan kompresor tidak berpelumas. Proses kompresi, dalam hal kompresor berpelumas, berlangsung sebagai berikut:

Prinsip kerja kompresor sekrup berpelumas

Sirkuit udara:
Udara ditarik melalui filter dan katup masuk terbuka, ke elemen kompresor dan dikompresi. Campuran udara bertekanan dan oli mengalir ke penerima udara / pemisah oli melalui katup periksa. Udara dikeluarkan melalui katup keluar melalui katup Katup periksa terintegrasi mencegah udara terkompresi di hilir katup dibuang ke atmosfer selama katup tekanan minimum dan pendingin udara Selama operasi berbeban, katup tekanan minimum menjaga tekanan di tangki pemisah di atas nilai minimum, yang diperlukan untuk pelumasan operasi tanpa beban Ketika kompresor berhenti, katup periksa dan katup masuk menutup, mencegah udara bertekanan (dan oli) dibuang ke filter udara.

Sirkuit minyak:

Di penerima udara / pemisah minyak, sebagian besar minyak dikeluarkan dari campuran udara / minyak dengan aksi sentrifugal. Sisa minyak dihilangkan oleh pemisah minyak. Minyak dikumpulkan di bagian bawah penerima udara / pemisah minyak, yang Tekanan udara memaksa oli berfungsi sebagai tangki oli. Sistem oli dilengkapi dengan katup bypass termostatik. Ketika suhu oli di bawah titik setelnya, katup bypass menutup suplai ke pendingin oli dan pendingin oli dilewati. Dari penerima udara / pemisah oli melalui filter oli dan katup penghenti oli ke elemen kompresor. Katup bypass mulai membuka pasokan dari pendingin ketika suhu oli telah meningkat ke titik setel. Sekitar 15 C (27 F) di atas titik setel, semua oli mengalir melalui pendingin oli. Katup penghenti oli mencegah elemen kompresor membanjiri oli saat kompresor berhenti.

Kunjungi Juga: Distributor Kompresor

Leave a Reply

Your email address will not be published.