Tips Perawatan Untuk Pintu Garasi

Pintu garasi Anda adalah bagian bergerak terbesar di seluruh rumah Anda, dan digunakan beberapa kali setiap hari pada jam berapa pun dan di semua musim. Agar pintu garasi Anda tetap beroperasi dengan lancar selama beberapa dekade mendatang, sangat penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk melakukan perawatan pencegahan dan pemeliharaan secara teratur. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan semua pemilik rumah:

  1. Lihat dan Dengarkan

Langkah pencegahan terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mengamati pintu garasi Anda beraksi setiap kali Anda menggunakannya. Apakah bergerak dengan mulus atau tersentak-sentak di beberapa tempat? Apakah itu beroperasi secara diam-diam atau apakah itu membuat suara gerinda atau gesekan? Apakah kedua sisi sistem (pegas, katrol, dan kabel) terlihat simetris?

  1. Kencangkan Perangkat Keras

Rata-rata pintu garasi bergerak naik turun lebih dari seribu kali setahun. Ada banyak gerakan dan getaran, yang dapat mengendurkan perangkat keras. Periksa dan kencangkan semua braket rol dan baut dengan kunci soket.

Cek Juga: Harga Rolling Door Industri

  1. Uji Keseimbangan Pintu Garasi

Jika pintu garasi Anda tidak seimbang dengan benar, pembuka pintu garasi harus bekerja lebih keras, dan tidak akan bertahan lama.

Setelah Anda memutuskan sambungan pembuka dengan menarik pegangan pelepas (biasanya kabel merah), gerakkan pintunya ke atas secara manual. Jika tidak tetap diam, sistem penyeimbang (pegas) tidak seimbang dengan benar. Penyesuaian pegas pintu garasi sebaiknya diserahkan kepada profesional.

  1. Periksa dan Ganti Rol

Rol, apakah baja atau nilon, perlu diperiksa dua kali setahun dan diganti setiap tujuh tahun atau lebih, dan bahkan lebih jika Anda menggunakan pintu garasi berkali-kali dalam sehari.

Rol yang aus, terkelupas atau retak harus diganti secepatnya. Caranya dengan melepas dan memasang kembali braket rol yang tidak langsung terpasang ke sistem kabel.

  1. Ganti Weatherstripping

Jika strip segel cuaca karet di bagian bawah pintu Anda rapuh atau retak, segera ganti agar elemen-elemen tersebut tidak masuk ke rumah Anda. Weatherstripping dijual dengan berjalan kaki di toko perangkat keras dan perbaikan rumah. Potong sesuai ukuran dan masukkan ke dalam alur dengan sudut lebar flensa di dalam pintu.

  1. Lumasi Bagian Yang Bergerak

Meminyaki bagian pintu garasi Anda akan menambah pengoperasian tanpa hambatan selama bertahun-tahun ke sistem Anda – dan hanya perlu 10 menit setahun! Gunakan gemuk litium putih pada rantai atau sekrup pembuka, dan pelumas semprot, yang tersedia dari spesialis pintu garasi Anda, untuk melapisi pegas di atas kepala.

  1. Periksa Kabel

Anda tidak boleh mengutak-atik kabel tegangan tinggi yang mengangkat pintu Anda karena memiliki kekuatan yang cukup untuk melukai dan membunuh. Tetapi Anda dapat memeriksa kondisi mereka sehingga Anda tahu kapan harus menyewa seorang profesional. Periksa untaian putus dan kerusakan di dekat braket rol bawah.

Baca Juga: Rolling Door Manual

  1. Uji Fitur Keamanan Mundur Otomatis

Ada dua mekanisme: mekanis dan fotosel. Untuk menguji fitur mekanis, letakkan sepotong kayu atau batu bata di atas tanah di jalur pintu. Ketika pintu yang turun menyentuh benda itu, itu harus berbalik arah dan kembali ke atas lagi. Untuk menguji yang kedua, sistem fotolistrik dengan balok di setiap sisi, tutup pintu Anda dan lewati kaki Anda di jalur pintu. Pintu Anda harus terbalik.

Jika pembuka Anda lebih dari 20 tahun, mungkin tidak ada fitur keamanan dasar ini – jadi sekarang saatnya membeli pembuka pintu garasi baru.

  1. Kosongkan Trek

Pastikan trek di kedua sisi pintu bebas dari puing-puing dan, jika Anda sangat ingin, Anda dapat menggunakan level untuk memeriksa tegak lurus. Setiap penyesuaian besar pada trek harus dilakukan oleh teknisi pintu garasi profesional.

  1. Rapikan Pintu Garasi Anda

Jangan lupa untuk memeriksa pintunya sendiri. Pintu kayu perlu diperiksa apakah ada kerusakan dan lengkungan air, serta cat yang terkelupas dan terkelupas. Pintu baja mungkin memiliki bintik karat yang perlu diampelas, dipoles dan dicat. Cuci pintu garasi Anda secara teratur dengan pembersih serba guna ringan pada saat yang sama Anda membersihkan mobil.

Ingat, pintu garasi Anda merupakan sepertiga dari eksterior rumah Anda, jadi jagalah agar tetap segar dan bersih. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pemeriksaan semacam ini, hubungi profesional pintu garasi untuk menjadwalkan panggilan layanan penyetelan. Dia akan memperbaiki semuanya dengan sempurna!

Kunjungi Juga: Jual Rolling Door

Leave a Reply

Your email address will not be published.