Mungkinkah Persoalan pada ECU Terjadi Secara Mendadak?

Sentra pengontrolan metode kelistrikan kendaraan beroda empat yang disebut dengan electronic control unit (ECU) umumnya berada di dua lokasi, yaitu kabin dan ruang mesin.

Sebagai salah satu bagian penting pada kendaraan beroda empat, mungkinkah ECU mengalami kerusakan secara tiba-tiba padahal keadaan sebelumnya normal?

Ditunjukkan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kemungkinan terjadinya kerusakan pada ECU bisa terjadi secara tiba-tiba, padahal jarang terjadi.

“Apabila dikatakan dapat ya dapat saja, melainkan jarang terjadi. Umumnya disebabkan ada sesuatu yang masuk ke ECU. Sebab bagian di dalamnya dapat terjadi korsleting sehingga kerusakan dapat muncul,” kata Didi terhadap kami.

Didi mengatakan, salah satu figur kemungkinannya masuknya cairan ke dalam ECU yaitu dikala pemasangan kaca film 3m.

“Ada teladan yang ECU-nya berlokasi di bawah dashboard. Pada dikala pemasangan kaca film depan seandainya tak dialasi dengan kain atau handuk cairan yang diterapkan untuk memasang kaca film dapat turun ke ECU dan menyebabkan korsleting,” ujar Didi.

Untuk ECU yang berlokasi di ruang mesin, Didi menghimbau pemilik kendaraan untuk tak mencuci ruang mesin dengan air bertekanan tinggi.

“Dan ada ECU yang diletakan di ruang mesin. Sebaiknya jangan disiram air, sebab ada yang mencuci ruang mesin itu menerapkan air bertekanan tinggi sehingga air dapat masuk ke ECU,” tuturnya.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *