Apa yang dimaksud dengan sound system?

Apa yang dimaksud dengan sound system
Sound system yakni sebuah cara peralatan elektronik untuk merekam maupun mereproduksi bunyi.
System yang paling populer di dalam dunia sound, yakni:

1. Public Address (PA)
Public Address System adalah seperangkat audio yang dipasang pada suatu gedung bertingkat zona tertentu dengan tujuan memberi tahu pengumuman singkat atau membuktikan suatu situasi darurat di gedung hal yang demikian. System ini mempunyai sistem kerja mendistribusikan bunyi diseluruh daerah hal yang demikian. Dipandang dari peralatannya cara ini lebih simple dan gampang, sebab pendistribusian sinyal audionya memakai cara voltage dalam skala kecil, tetapi jangkauannya bisa lebih jauh dan malah ke sebagian speaker.
Sebagian perangkat unum pada system PA yakni speaker ceiling, amplifier dan mixer PA.

Baca : Sewa sound system

2. Audio Recording
Audio Recording System yakni seperangkat audio yang dilengkapi dengan piranti rekam yang berfungsi merekam atau menaruh bunyi dalam format data. Dengan kemajuan komputerisasi dikala ini, recording system dapat dikerjakan dengan operasional yang lebih simpel dengan memakai Komputerisasi Audio Workstation (DAW). Seluruh processor yang dibutuhkan untuk progres recording, mixing ataupun mastering dapat memakai “plug-in”.
Untuk system ini dibutuhkan Audio Converter atau Audio Interface yang fungsinya merubah signal AD/DA (Analog Komputerisasi / Komputerisasi Analog). Input yang bisa direkam secara simultan tergantung jumlah channel input dari converter yang diaplikasikan.

3. Sound Reinforcement
​Sound Reinforcement yakni kombinasi dari sebagian sampai banyak microphone, signal processors, amplifier dan pengeras bunyi (speaker) yang membikin bunyi seketika maupun rekaman bunyi terdengar keras dan mendistribusikan bunyi hal yang demikian ke daerah yang lebih besar maupun menjangkau pendengar dalam jarak tertentu.

System ini bisa diwujudkan dari yang paling kecil sampai besar untuk menjangkau audience dengan jumlah yang banyak dalam suatu daerah yang luas, misal: live music outdoor, konser indoor atau outdoor, House of Worship, dan lain-lain.
Kian besar system ini karenanya kian rumit system yang semestinya dibangun, seperti crossover, equalizer, delay speaker, audio processors, dynamic processors, dan lain-lain.
Dipandang dari segi kuantiti perlengkapan malahan lebih banyak mulai dari puluhan sampai ratusan microphone, audio mixing console, speaker management, power amplifier, main speaker, compressors, limiter, gate, effect, dan lain-lain.
Seluruh perlengkapan ini disatukan menjadi sebuah cara yang rumit sampai bisa menjadikan bunyi yang baik, terperinci, dan bisa menjangkau banyak audience.

Transducer yakni sebuah alat yang merubah satu format kekuatan menjadi format kekuatan lainnya untuk sebuah tujuan.

Bunyi dicokok oleh microphone dari sumbernya.
Microphone mengubah bunyi yang dicokok menjadi signal listrik dan mengirimnya via kabel menuju mixing console.
Mixing Console mendapatkan signal bunyi tadi via tiap channel-nya, kemudian me-mix (mencampur dan menyeimbangkan) untuk dikirimkan lagi via kabel ke rangkaian power amplifier.
Power amplifier mengubah signal menjadi daya listrik dan mengirimkannya
ke loudspeaker.
Loudspeaker mengubah energy listrik menjadi gerakan mekanis dari konus speaker yang kemudian menggetarkan udara dan menjadi bunyi.

 

 

Artikel terkait : Sewa organ tunggal


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *