7 Ragam Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan

7 Ragam Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Kita seluruh tahu bahwa Indonesia ialah negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur yang membikin negara kita ini dianugrahi bermacam tumbuhan. Termasuk juga tanaman rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris ini. Semenjak zaman dulu nenek mpyang kita telah menerapkan bermacam tipe tumbuhan yang dipakai untuk mengobati penyakit luar ataupun dalam.

Baca juga : manfaat daun sukun

Seiring berjalannya waktu dan kian modernya jaman, dikala ini kian sedikit orang yang menerapkan tanaman obat untuk mengobati penyakitnya. Mereka lebih memilih berobat dengan obat modern yang tanpa kita sadari mengandung zat kimia di dalamnya, pun ada yang berobat hingga ke luar negeri demi kesembuhan. Sedangkan sekiranya mengonsumsi obat dalam rentang panjang dapat memunculkan penyakit lain. Ditambah tarif pengobatan dikala ini yang kian mahal, oleh sebab itu obat-obatan dari tanaman tradisional ini mungkin dapat dibuat opsi untuk mengobati penyakitmu.

1. Belimbing Wuluh

Jangan bayangkan belimbing ini memiliki wujud seperti belimbing pada lazimnya. Belimbing wuluh yang diketahui juga dengan sebutan belimbing sayur sebab kerap dipakai sebagai bumbu kuliner untuk memberikan rasa asam yang kuat. Fungsi lain dari belimbing wuluh kecuali sebagai bumbu kuliner yaitu untuk obat tradisional. Mulai dari buah, batang, daun dan bungannya dapat dipakai sebagai obat. Belimbing wuluh berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta dapat dipakai sebagai obat sakit gigi.

2. Temu lawak

Temulawak ialah tanaman rempah autentik Indonesia yang mempunyai bermacam khasiat untuk kesehatan. Komponen yang kerap dimanfaatkan yaitu bagia akar atau kerap juga disebut dengan rimpang. Komponen inilah yang kerap diolah untuk dibuat sebagai obat beraneka penyakit. Khasiat dari tanaman temulawak yaitu untuk menyelesaikan gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Hakekatnya masih banyak tipe penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan tanaman obat ini. Apalagi sekiranya pengaplikasiannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan kian terasa.

3. Daun Cincau

Pastinya kalian telah tak asing dengan tanaman ini bukan? Ya, tanaman yang kerap diolah menjadi es cincau ini mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau pada umunya ada 2 tipe merupakan yang berwarna hijau dan hitam, keduanya mempunyai rasa yang sama-sama lezat dan sejuk. Manfaat dari tanaman obat yang satu ini yaitu sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Wah luar lazim ya?Dapat jadi ini salah satu tanaman obat yang mempunyai rasa yang lezat.

4. Daun patah tulang

Tanaman yang mempunyai wujud ranting tanpa daun ini kerap dipakai sebagai tanaman hias di pelataran. Melainkan dibalik keunikan yang dimiliki tanaman patah tulang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan terlebih obat tradisional. Tanaman ini dapat dipakai untuk mengobati tulang patah, sakit gigi, kusta, sembelit, tumor atau kanker, rematik, sifilis, nyeri syaraf dan juga penyakit kulit. Melainkan dalam penggunaanya sebaiknya bertanya pada spesialis kesehatan sebab getah tanaman ini mengandung racun. ( baca juga : https://transferfactorformula.com/ketahui-tentang-buah-mahkota-dewa/ )

5. Daun Seledri

Seledri ialah sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri kecuali lazim dipakai sebagai penambah bebauan kuliner, juga dapat dipakai sebagai tanaman obat keluarga. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi. Sebagian manfaat daun seledri diantaranya bisa mengobati darah tinggi, mencegah penyusunan batu di kantung empedu, menenangkan metode syaraf, mengembalikan nafsu makan yang sirna, menghindarkan dari kanker perut dan lain-lain.

6. Daun saga

Tanaman Saga banyak tumbuh liar di pelataran rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Ada dua tipe tanaman saga, yakni saga rambat dan pohon saga, melainkan kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja. Saga termasuk tanaman gulma, dan lazimnya menganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Sebab dianggap mengganggu, tanaman Saga kerap dibabat habis pun dibakar sekaligus. Sedangkan semacam itu, daun saga rambat lazim dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan. Daun saga mengandung sebagian bahan aktif seperti glycyrrhizin, abrus lactone, asam abrusgenat dan bawaan metilnya.

Untuk mengobati sariawan dengan daun saga rambat, kau dapat memetik daun saga secukupnya lalu di jemur di daerah yang agak panas sebagian menit hingga layu daunnya. Sesudah layu, cuci bersih daunnya kemudian dikunyah-kunyah hingga halus dan pakai untuk berkumur juga.

7. Daun Tempuyung

Tempuyung bermanfaat untuk menyelesaikan batu saluran kencing, batu empedu, nanah, luka bakar, radang usus buntu, rematik, radang payudara, memar, disentri, darah tinggi, sembelit, dan beser mani.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *