Bill Gates: Mata Uang Virtual Buruk bagi Manusia

Bill Gates

Blockchain Indonesia – Bapak Microsoft, Bill Gates mengatakan sekiranya cryptocurrency atau mata uang virtual amat buruk. Hal hal yang demikian disampaikannya dalam sesi “Ask Me Anything” yang digelarnya di forum Reddit. Berdasarkan co-founder Microsoft hal yang demikian, cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, ripple dan lainnya menolong orang untuk bersekongkol dalam menutupi transaksi keuangannya dari negara.

Gates menyayangkan revolusi blockchain yang disalahgunakan untuk tindak kejahatan keuangan, terorisme, dan sirkulasi narkoba. “Dikala ini cryptocurrency dipakai untuk membeli fentanil dan obat terlarang lain, ini yakni teknologi langka yang bisa menyebabkan kematian secara tak seketika”, terang Gates seperti rangkum dari Gizmodo. Anggapan Gates tidak sepenuhnya salah. Sebagian otoritas negara mengklaim sekiranya mata uang virtual sering disalahgunakan untuk mendanai sejumlah aksi kejahatan seperti pencucian uang atau terorisme.

Fitur utama cryptocurrency yakni anonim, secara teknis transfer uang komputerisasi akan susah dilacak dibanding transfer uang tunai dalam jumlah besar secara membisu-membisu. Transaksi tunai dalam nominal besar akan memunculkan kecurigaan dari otoritas keuangan. Varietas mata uang virtual lain, monero juga rentan dipakai untuk transaksi kejahatan. Monero yang keok terkenal dari bitcoin atau mata uang virtual lain membikin gerak instansi negara kian susah melacak transaksi monero. Dikala ini, pihak memiliki wewenang sudah sanggup menekan kegiatan gelap.

Di sebagian negara maju, perbuatan kejahatan berlangsung cukup dramatis dengan angka kezaliman yang tinggi. Salah satu alasanya, sebab otoritas negara maju kian trampil memanfaatkan teknologi untuk memukul mundur kezaliman yang meningkat. Di sisi lain, argumen Gates juga memunculkan skeptisme. Cryptocurrency, apa malah jenisnya bak dua sisi mata uang yang tidak senantiasa gelap. Seperti yang dijalankan UNESCO sebagian waktu lalu yang menggalang sumbangan dari para penambang cryptocurrency di semua dunia, untuk menolong si kecil-si kecil korban perang Suriah yang masih berlangsung sampai ketika ini.

 

Sumber : Coin Daily


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *