MEMILIH POMPA AIR

pompa air

Salah satu Tipe Pompa
Air ialah keperluan vital bagi manusia, tubuh manusia sendiri hampir 90 persen terisi dengan air. Di sebagian wilayah, air menjadi barang langka yang sulit di bisa. di Kota Sabang, sumber air baku untuk minum dan kebutuhan lain cuma disuplai oleh PDAM meski air dari tanah (bagus sumur umum ataupun sumur bor) tak tersedia.

Bagi wilayah yang mempunyai sumber air baik, mungkin situasi sulit ini tak terlalu bermasalah, tetapi bagi wilayah yang sumber mata airnya jauh, atau sumber air tanahnya cukup dalam karenanya perlu alat tambahan adalah pompa. Nah pompa air sendiri juga cukup berjenis-jenis tersedia di pasaran. Alih-alih berhemat pun kesulitan sendiri yang di bisa.

Berikut ini sebagian pertimbangan yang bisa Anda pakai untuk membeli dan memilih macam pompa air yang sesuai untuk keperluan Anda seperti yang aku baca dari postingan salah satu anggota kaskus, silahkan disimak :

Spesifikasi Pompa.
Dari spesifikasi pompa air, anda bisa memperbandingkan kedalaman permukaan air dengan isu tenaga hisap. Biasanya standard yang diterapkan oleh produsen pompa air ialah kedalaman permukaan air optimal di mana air bisa terhisap. Optimal belum tentu maksimal, sebab pada tenaga hisap optimal, dapat jadi anda cuma menerima air sejumlah 1 liter, dalam waktu 1 jam. Tentu saja ini tak efisien. Teladan: Info spesifikasi tenaga hisap dari produsen biasanya mencantumkan 11 meter untuk macam semi jet pump meskipun idealnya di kedalaman 7 – 9 m.

Voltase Listrik
Pilih pompa yang sesuai dengan voltase di rumah anda.

Tenaga Listrik dan Kedalaman.
Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt meski semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, tenaga listrik yang lebih besar bukan berarti bisa menghisap lebih dalam. Cuma memberi pengaruh kapasitas. Teladan: Dengan tenaga 200 watt, kapasitas air, dalam arti volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, lebih besar ketimbang yang 125 watt. Berbeda pula dengan pompa berjenis jet pump, tenaga listrik yang besar mempunyai tenaga hisap yang lebih dalam pula.

 

Artikel Terkait : Gerinda Tangan


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *