Mengetahui Tahap-Tahap Pengolahan Air

Filter Air – Metode pengelolaan air ini dikenal dengan stilah water treatment. Dan ada sebagian tahap pengelolahan air yang semestinya dijalankan sehingga air hal yang demikian dapat dikatakan cocok untuk diterapkan. Tapi, tak segala tahap ini diaplikasikan oleh masing-masing pengelola air, tergantung dari mutu sumber airnya.

Untuk semisal, sumber air yang berasal dari dalam tanah (ground water), dalam pengelolaan airnya akan lebih simpel dari pada yang sumbernya airnya berasal dari sumber air permukaan, seperti air sungai, danau atau laut. Sebab air yang berasal dari tanah sudah via pemfilteran secara natural oleh struktur tanah itu sendiri dan airpun tak terkontak seketika dari udara yang mengandung pencemaran zat-zat pencemaran air.

Bila Anda amati beda halnya dengan sumber air permukaan yang gampang sekali tercemar. tapi demikian air yang berasal dari dalam tanahpun akan jadi tercemar juga apabila metode penampungan dan penyaluranya tak baik.Pengolahan air bisa dibagi dalam 3 unit, adalah:Unit Penampungan Permulaan (intake)unit ini lebih diketahui dengan unit Sadap Air (Intake).  berfungsi sebagai penampungan air dari sumber airnya. Pada Unit ini dilengkapi dengan Bar Sceen yang fungsinya sebagai penyaring permulaan dari benda-benda yang ikut serta tergenang dalam air seperti sampah daun, kayu dan benda-benda lainnya.

Unit Pengolahan (water treatment)

Dan pada unit, air dari unit penampungan permulaan diproses via sebagian tingkatan:

a. Tahap koagulasi (tahap permulaan dengan menambahkan zat kimia tawas (alum) atau zat sejenis seperti zat garam besi (salts iron) atau dengan menerapkan metode pengadukan pesat (Rapid Mixing).

b. Tahap flokasi ini merupakan tahap penyisihan kekeruhan air dengan sistem penggumpulan partiekl untuk diwujudkan yang lebih besar (partikel Flok).

c. Tahap pengendapan (sedimentation) tahap ini dijalankan untuk mengendapkan partikel-partikel flok kedasar penampungan.

d. Tahap pemfilteran (Filtration) bertujuan untuk menghilangkan bahan-bahan yang terlarut dan tak terlarut.

Unit Penampungan Akhir (Reservoir)Tahap ini merupakan tahap akhir yang dimana air yang telah melalui tahap pengerjaan telah siap untuk didistribusikan ke masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *